maxwin138
maxwin138
maxwin138

Pertama dalam Sejarah, Puluhan Ton Daging Bendungan dari Tanah Suci Didistribusikan di Indonesia

Pertama dalam Sejarah, Puluhan Ton Daging Bendungan dari Tanah Suci Didistribusikan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan haji, daging Bendungan Haji Tamaattu dari petugas haji dan jamaah haji Indonesia akan dikirim dan dibagikan kepada masyarakat Indonesia.

Kepala Wilayah Kerja (Dakker) Makkah Khalilurrahman mengatakan, program ini dilaksanakan bekerja sama dengan Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Baznas yang membiayai pengemasan dan pengiriman serta pendistribusian daging kepada penerima manfaat.

Khalilurrahman berharap, penyerahan daging Bendungan ini dapat membantu mensukseskan program pengentasan stunting yang sedang digalakkan oleh pemerintah Republik Indonesia.

“Ada 3.166 ekor kambing dari Bendungan Jemaah dan petugas yang dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) Ukaisyah yang akan dikemas, kemudian dikirim ke Indonesia dan akan dibagi ke beberapa wilayah,” jelas Khalil saat memantau pengemasan daging DAM di Ukaisyiah Makkah, dikutip dari laman Kemenag, Jumat (14/7/2023).

“Ini proses persiapan sebelum daging dikirim ke Indonesia. Kambing sudah disembelih, dipotong, dan dikemas dalam kotak 3,5 kg. Diperkirakan mencapai lebih dari 6.000 kotak,” lanjutnya.

Karena kambingnya cukup banyak, kata Khalil, butuh waktu tiga hari untuk menyelesaikan pengemasannya. Setelah itu, daging akan diambil langsung oleh eksportir untuk dikirim ke Indonesia.

Khalil mengatakan, ini merupakan inovasi terbaru dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Menurutnya, inovasi ini dibuat dalam rangka memberikan manfaat sosial bagi masyarakat di Indonesia.

“Selama ini manfaatnya untuk individu, personal, spiritual. Namun tahun ini mereka yang menunaikan ibadah haji dapat memberikan manfaat sosial horizontal yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat miskin, juga dalam rangka mensukseskan program pemberantasan stunting pemerintah,” ujarnya.

Kesibukan Salon Kambing Cilacap Jelang Idul Adha

https://www.liputan6.com/islami/read/5344358/pertama-dalam-sejarah-puluhan-ton-daging-dam-dari-tanah-suci-didistribusikan-di-indonesia”>Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *