maxwin138
maxwin138
maxwin138

Menag Yaqut Pelajari Hasil Investigasi KPK Saudi Terkait Masalah Layanan Puncak Haji

Menag Yaqut Pelajari Hasil Investigasi KPK Saudi Terkait Masalah Layanan Puncak Haji

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah menerima hasil investigasi yang dilakukan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait sejumlah permasalahan layanan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menuturkan, pihaknya telah menerima hasil investigasi salah satunya yang dilakukan Nazaha atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Arab Saudi.

“Kami sudah menerima hasil investigasi dari Pemerintah Saudi atas kejadian di Muzdalifah, Arafah, dan Mina. Kita masih pelajari hasil investigasi itu, karena memang panjang itu, dan nanti akan kita sampaikan ke publik,” ujar Menag saat menyambut kedatangan petugas haji PPIH Arab Saudi Daker Makkah di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kamis (27/7/2023) kemarin.

Lembaga antikorupsi Saudi itu mengusut dugaan pelanggaran yang dilakukan penyelenggara layanan Masyair atau Armuzna. Diketahui, layanan Masyair selama prosesi puncak haji tahun ini sangat mengecewakan. Hal ini tidak hanya dirasakan jemaah haji Indonesia, tapi juga beberapa negara lain.

“Kami menangkap konklusinya. Bahwa investigasi yang dilakukan KPK sana, yakni Nazaha Saudi, mereka memang menemukan kekurangan-kekurangan pelayanan yang disediakan pihak ketiga yang ada di Saudi,” tutur Yaqut.

Problem yang paling dirasakan jemaah terjadi di Muzdalifah, yakni ketika ada keterlambatan pengangkutan jemaah menuju Mina. Akibatnya, banyak jemaah yang terlantar di bawah terik Matahari.

Selain itu, pelayanan konsumsi jemaah yang dilakukan Masyariq selaku penyelenggara layanan Masyair ini juga bermasalah. Persoalan-persoalan ini tidak hanya dialami jemaah haji Indonesia, tapi juga negara-negara lain, seperti Malaysia, Libya, Nigeria, dan Singapura.

“Saya juga membaca kemarin sebentar bagian dari temuan yang didapatkan oleh Nazaha. Nanti kita akan baca dulu, kita akan kaji apa temuan mereka secara utuh, baru akan kita sampaikan kepada publik,” kata Menag Yaqut¬†Cholil Qoumas ini menandaskan.

 

https://www.liputan6.com/islami/read/5355635/menag-yaqut-pelajari-hasil-investigasi-kpk-saudi-terkait-masalah-layanan-puncak-haji”>Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *